Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperati ftipe STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan Peta Konsep dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas VI Pada Siswa SD Gugus IV Abiansemal

Main Authors: ., NI KADEK PUTRI INDRIANI, ., PROF.DR. I MADE CANDIASA, MI.Komp., ., PROF.DR.A.A. GEDE AGUNG, M.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Administrasi Pendidikan , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1754
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas VI, akibat penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan peta konsep dan model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan factorial 2x2. Populasi berjumlah 196 orang siswa kelas VI SD Gugus IV Abiansemal, dengan 88 orang siswa sebagai sampel. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner motivasi belajar dan tes hasil belajar IPA. Dianalisis dengan uji statistik Anava Dua Jalur (Anava AB) dan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan peta konsep lebih tinggi daripada hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Konvensional (FA= 0,000 ,p