PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS III SD SE-GUGUS V ABIANSEMAL
Main Authors: | ., IDA BAGUS MAS SUBAWA, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., PROF. DR. NI KETUT SUARNI, M.S |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Administrasi Pendidikan
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1752 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar sains pada Siswa Kelas III SD Se-Gugus V Abiansemal. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 45 siswa. Data yang dikumpulkan adalah motivasi belajar dan hasil belajar sains. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, motivasi belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F= 120,476; p