Kontribusi Persepsi Guru Tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Tabanan

Main Authors: ., PUTU SUARDANA, ., PROF. DR. I MADE YUDANA, M.Pd., ., PROF.DR.A.A. GEDE AGUNG, M.Pd.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Administrasi Pendidikan , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1605
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1605/1255
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan etos kerja terhadap kinerja guru Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Tabanan secara terpisah maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru bahasa Inggris SMA di Kabupaten Tabanan yang berjumlah 54 orang. Karena sampelnnya relatif kecil, semua anngota populasi dijadikan sampel penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sensus. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis regresi dan korelasi. Hasil analisis ditemukan: (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui persamaan garis regresi = 3,632 + 0,961X1 dengan Freg = 23,644 (p