Analisis Komparasi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Baturiti
Main Authors: | ., RAHMAD BASUKI, ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd, ., Dr. KADEK RIHENDRA DANTES,ST.,M.T |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Administrasi Pendidikan
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1601 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1601/1251 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang diberi perlakuan yaitu: (1) model STAD berbasis asesmen kinerja (A1), (2) model STAD berbasis asesmen konvensional (A2), (3) model konvensional berbasis asesmen kinerja (A3), (4) model pembelajaran konvensional berbasis asesmen konvensional (A4). Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Baturiti di Kabupaten Tabanan semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 149 orang. Sampel penelitian berjumlah 72 peserta didik yang terdiri dari 3 kelas sebagai kelompok eksperimen dan 1 kelas sebagai kelompok kontrol. Penentuan kelas sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling secara bertahap. Data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar fisika dan dianalisis dengan analisis varians satu jalur (ANAVA A) dengan uji-F, dilanjutkan dengan uji t. Sebelumnya dilakukan uji normalitas sebaran data dan uji homogenitas varians. Setelah itu, hipotesis pertama diuji dengan ANAVA A, hipotesis kedua, ketiga, keempat, kelima, keenam dan ketujuh dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar fisika pada siswa antara A1A2A3A4 (Fhitung = 5,87 > Ftabel = 2,74 (p ttabel = 2,04 (p ttabel = 2,04 (p ttabel = 2,04 (p0,05), (6) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar fisika pada siswa antara A2A4 (thitung = 4,38 > ttabel = 2,04 (p ttabel = 2,04 (p Ftable = 2,74 (p ttable = 2,04 (p ttable = 2,04 (p ttable = 2,04 (p0,05), (6) there is a significant difference of physics learning achievement on the students among group A2A4 (tcount = 4,38 > ttable = 2,04 (p ttable = 2,04 (p