Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas XI SMK Pariwisata Dwi Tunggal Tabanan Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Authors: ., I NYOMAN AGUS SUMARIANA, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., DR. I GST. KETUT ARYA SUNU., M.Pd
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Administrasi Pendidikan , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1598
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1598/1248
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan menulis antara siswa yang mengikuti model belajar kontekstual dan siswa yang mengikuti model konvensional, (2) perbedaan hasil belajar bahasa inggris antara siswa yang mengikuti model belajar kontekstual dan siswa yang mengikuti model konvensional, dan (3) perbedaan kemampuan menulis siswa dan hasil belajar bahasa inggris antara siswa yang mengikuti model belajar kontekstual dan siswa yang mengikuti model konvensional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan“ non-equivalent post-test only control group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMK Pariwisata Dwi Tunggal Tabanan tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari dua rombongan belajar. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah teknik random sampling. Dari delapan rombongan belajar yang ada diambil secara random, satu kelas diambil sebagai kelompok eksperimen (kelas yang mengikuti model belajar kontekstual) dan satu kelas sebagai kelompok kontrol (kelas yang mengikuti model konvensional) dengan teknik undian. Data dikumpulkan dengan tes dan dianalisis dengan analisis varians dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan uji-F. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis antara kelompok siswa yang belajar dengan model belajar kontekstual dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dengan FHitung = 32,836, sig.=0,000 (p < 0,05), (2) terdapat hasil belajar bahasa inggris antara kelompok siswa yang belajar dengan model belajar kontekstual dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dengan Fhitung = 16,665, sig. =0,000 (p