PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KUTA KABUPATEN BADUNG

Main Authors: ., NI WAYAN IKA SETYAWATI, ., Prof. Dr. I Made Candiasa,MI.Kom, ., Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Administrasi Pendidikan , 2014
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1449
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1449/1122
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan konvensional, (2) menganalisis perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan konvensional, dan (3) menganalisis perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan konvensional. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan desain penelitian posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kuta tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 74 orang siswa. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap variabel-variabel pemahaman konsep dan keterampilan proses sains (F=24,723; p