PENGARUH PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 AMLAPURA
Main Authors: | ., I PT KUSUMA NEGARA, ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Administrasi Pendidikan
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1003 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1003/752 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar membaca pemahaman bahasa Inggris siswa kelas XI SMA Negeri 2 Amlapura. antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Penelitian ini tergolong penelitian semu dengan rancangan post-test only control group design. dan jumlah sampel sebanyak 116 siswa. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes objektif tipe pilihan ganda. Analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar membaca antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran koperatif tipe STAD dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F=21,485, sig=0,000; p