Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline Terhadap Brand Awareness Shopee Indonesia di Surabaya

Main Authors: Lestari, Vigati Wandan, Nurhadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sam Ratulangi , 2023
Online Access: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/47874
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/47874/42462
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand ambassador dan tagline terhadap brand awareness Shopee Indonesia di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengguna e-commerce yang pernah melihat dan mengetahui brand ambassador Arya Saloka dan Amanda Manopo dan tagline “gratis ongkir” Shopee di Surabaya. Sampel penelitian ini sebanyak 110 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui metode elektronik kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil analisis regresi linier menunjukan bahwa kedua variabel bebas berpengaruh positif terhadap brand awareness. Selanjutnya pengujian hipotesis menemukan bahwa secara simultan brand ambassador dan tagline berpengaruh signifikan terhadap brand awareness. Sedangkana secara parsial ditemukan bahwa pengaruh brand ambassador terhadap brand awareness tidak signifikan, sementara itu tagline secara parsial berpengaruh signifikan terhadap brand awareness.