COUNTRY OF ORIGIN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERSEPSI KUALITAS DAN MINAT BELI (Survei pada Calon Konsumen yang Berminat Membeli iPad di Indonesia)

Main Author: Dinata, Jovita Saraswati
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/976
Daftar Isi:
  • This study is conducted to determine; the effect of country of origin on perceived quality, the effect of country of origin on buying interest, and the effect of perceived quality on buying interest. This study is an explanatory research. Population in this research are potential consumers who interested in buying iPad in Jakarta, Medan, Surabaya, and Makasar. Total samples are 139 respondents, using accidental sampling and data collection method using online questionnaires. This research using descriptive analysis and path analysis. The result of this research showed that Country of Origin have significant effect on Perceived Quality at 0,551, Country of Origin have significant effect on Buying Interest at 0,157, and Perceived Quality have significant effect on Buying Interest at 0,569. This finding shows that Indonesia is a country which is insensitive to country of origin of a product, and country of origin contributes more in forming perceived quality of a product. Therefore, Apple as iPad producer should enhance product quality in order to maintain perceived quality of their potential consumers and increase the buying interest. Keywords : Country of Origin, Perceived Quality, Buying Interest. ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk; mengetahui pengaruh country of origin terhadap persepsi kualitas, pengaruh country of origin terhadap minat beli, dan pengaruh persepsi kualitas terhadap minat beli. Penelitian ini tergolong penelitian penjelasan (explanatory research). Calon konsumen yang berminat membeli iPad yang berdomisili di Jakarta, Medan, Surabaya dan Makasar adalah populasi dari penelitian ini. Sampel berjumlah 139 orang responden, yang diambil dengan teknik accidental sampling dan instrumen penelitian berupa angket online. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan country of origin memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas sebesar 0,551, country of origin memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 0,157, dan persepsi kualitas memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 0,569. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang tidak sensitif akan country of origin dari sebuah produk, dan country of origin memberikan kontribusi lebih dalam membentuk persepsi kualitas. Oleh karena itu, Apple sebagai produsen iPad sebaiknya meningkatkan kualitas produknya untuk menjaga persepsi kualitas calon konsumen mereka dan meningkatkan minat beli. Kata kunci : Country of Origin, Persepsi Kualitas, Minat Beli.