PENGARUH SERVICE MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN JASA) TERHADAP CITRA MEREK DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Peserta Lembaga Kursus dan Pelatihan Royal English TOEFL & TOEIC Center Malang)

Main Author: Hadi, Dewi Lelyana
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/950
Daftar Isi:
  • This research aims to identify and explain influence of Service Marketing Mix on Brand Image and Purchase Decision. The independent variable in this study is Service Marketing Mix, the dependent variables are Brand Image and Purchase Decision. The research method was conducted by explanatory research with quantitative approach. The research was conducted in Royal English TOEFL & TOEIC Center Malang with participants of this research are the students of Royal English TOEFL & TOEIC Center Malang who have followed the course program ≥ 4 weeks or 12 meetings and take by simple random sampling and for collecting by using questionnaire. Data analysis was conducted by descriptive and path analysis. The results showed that:Service Marketing Mix has significantly influence on Brand Image of 0,639 with a probability of 0.000 (p <0,05). Service Marketing Mix has negative influence and no significantly influence on Purchase Decision of -0,099 with a probability of 0,333 (p >0,05). Brand image has significantly influence on Purchase Decision of 0,659 with a probability of 0,000 (p <0,05). Key Words: Brand Image, Purchase Decision, Service Marketing Mix. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Service Marketing Mix terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian. Variabel bebas yang digunakan adalah Service Marketing Mix, dengan variabel terikat Citra Merek dan Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di Royal English TOEFL & TOEIC Center Malang dengan responden peserta kursus bahasa Inggris di Royal English yang sudah mengikuti program kursus ≥ 4 minggu atau 12 kali pertemuan dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan metode pengumpulan data angket. Metode analisis data penelitian adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Service Marketing Mix memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Citra Merek sebesar 0,639 dengan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). Variabel Service Marketing Mix memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian yaitu sebesar -0,099 dengan probabilitas sebesar 0,333 (p>0,05). Variabel Citra Merek memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian sebesar 0,659 dengan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). Kata Kunci: Citra Merek, Keputusan Pembelian, Service Marketing Mix.