SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA DALAM UPAYA MEMINIMALISIR TUNGGAKAN KREDIT (STUDI PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR UNIT TANJUNGREJO MALANG)

Main Authors: Khasanah, Imroatul; Brawijaya University, Husaini, Achmad, Azizah, Devi Farah
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya , 2016
Online Access: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/95
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem dan prosedur pemberian kredit modal kerja, dan untuk mengetahui cara meminimalisir tunggakan kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Unit Tanjungrejo Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Fokus penelitian ini adalah struktur organisasi, prosedur pemberian kredit dan penerimaan angsuran, formulir dan dokumen yang berhubungan dengan prosedur pemberian dan penerimaan angsuran. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari Account Officer dan Kepala Unit. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pembagian tugas pada struktur organisasi telah berjalan dengan baik, akan tetapi untuk jumlah personil Account Officer masih perlu ditambah. Adanya formulir yang pengisiannya dilakukan oleh Costumer Service, sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pengisian data calon debitor. Formulir dan dokumen yang digunakan juga cukup baik karena mudah dipahami oleh calon debitor, sehingga memudahkan pengisiannya. Untuk faktor-faktor penyebab tunggakan kredit, yaitu adanya musibah yang terjadi pada anggota debitor, dan juga menurunnya usaha debitor. Saran yang diberikan berdasarkan penelitian ini adalah perlu ditambahnya jumlah personil pada Account Officer. Pengisian data calon debitor pada formulir pengajuan pinjaman harusnya dilakukan oleh calon debitor itu sendiri, untuk mencegah terjadinya penyimpangan data yang dapat menimbulkan kerugian pada pihak bank. Pelaksanaan kunjungan atau inspeksi on the spot sebaiknya dilakukan dengan frekuensi lebih sering, Pengawasan pada debitor perlu dilakukan secara rutin dengan tujuan untuk mengetahui secara dini permasalahan yang mungkin timbul dan membantu mencari jalan keluarnya. Kata Kunci : Sistem dan Prosedur Pemberian Kredit, Kredit Modal Kerja, dan Tunggakan Kredit Abstract This study aims to determine the systems and procedures for the provision of working capital credit, and to know how to minimize credit arrears on PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Office Tanjungrejo Malang. This study uses descriptive. The focus of this research is the organizational structure, procedures the provision, and acceptance of credits, forms and documents relating to the procedures for granting and receiving installments. The data sources of this study used secondary data which was obtained from the Accounts Officer and the Head Unit. Data collection techniquewas documentation. The results found that the division of labor in the organization structure has been going well, but for the number of the loan officer personnel still need to be added. An entry form is completed by Customer Service, allowing the error possibility of data entry fromdebtor candidates. Forms and documents used were also quite good because it was easily understood by them, and made them easy to fulfill the form. For the causal factors of credit arrears is accidental problem that occurred in debtor members, and the decline of debtor’s business The advice from this study is there should be additional number of personnel on the Account Officer. The debtor data must be fulfilled by debtor to avoid data error that harming the bank. Implementation of visits or inspections on the spot should be done frequently, control on debtors need to be done regularlyto identify early problems that may arise and help find the way out. Key Word : systems and procedures for the provision of credit, working capital credit