RELATIONSHIP MARKETING SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi kasus ekspor Perusahaan Kerajinan Dona Doni Rattan Gallery di Singosari-Malang)
Main Author: | Triana, Febri |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2015
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/944 |
Daftar Isi:
- The purpose of this study is to determine the implementation of Relationship Marketing in the craft company of Dona Doni Rattan Gallery as an effort to maintain customer loyalty in global market. Research method that used in this research was descriptive research with qualitative approach. Data source in this research was primary data by conducting interview to the related parties and secondary data from books, article, prior research, and also the other supporting data that has topic which related to the research.The result shows that the implementation of relationship marketing the craft company of Dona Doni Rattan Gallery in maintaining its customer loyalty was conducted by prioritizingcustomer satisfaction, communication effectiveness with customer, the achievement of collective goal that has mutual benefit for both, andpaying attention to the company service quality. The result, until this time, Craft Company of Dona Doni Rattan Gallery hascustomer that loyal to the craft product of Dona Doni Rattan Gallery. The customer was come from USA, Singapore, and Japan. Customer loyalty was showed by purchasing repeatedly since 2008 until now. Key Words: Relationship Marketing, Customer Loyalty Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan Relationship Marketing pada perusahaan kerajinan Dona Doni Rattan Gallery sebagai upaya mempertahankan loyalitas pelanggan di pasar global. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dengan melakukan wawancara pada pihak-pihak terkait dan data sekunder dari buku-buku, artikel, penelitian terdahulu, serta data pendukung lain yang mempunyai topik bahasan yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan relationship marketing pada perusahaan kerajinan Dona Doni RattanGallery dalam mempertahankan loyalitas pelanggan, yaitu dengan cara mengutamakan kepuasan pelanggan, efektifitas komunikasi dengan pelanggan, pencapaian tujuan bersama yang saling menguntungkan, dan memperhatikan kualitas layanan perusahaan. Hasilnya, sampai saat ini perusahaan kerajinan Dona Doni memiliki pelanggan yang loyal terhadap produk kerajinan Dona Doni Rattan Gallery. Pelanggan tersebut berasal dari negara Amerika Serikat, Singapura, dan Jepang. Keloyalitasan pelanggan ditunjukkan dengan pembelian berulang sejak tahun 2008 sampai dengan saat ini. Kata Kunci: Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan