PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP KEBERHASILAN DESIGN WEBSITE ECOMMERCE (Studi Pada Pengunjung Website www.tokobagus.com di Perumahan Griya Shanta RT. 02 RW. 12 Kota Malang)
Main Author: | Mufied, S. Ainul |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2014
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/409 |
Daftar Isi:
- This study aimed to measure success eCommerce website design on tokobagus.com as an object research and to identify and descripes results from visitor's perception success eCommerce website design. This research is descriptive with quantitative approach. Samples used 63 respondents with simple random sampling technique. Methods data collection questionnaire. Analyzed using descriptive and frequency distribution data analysis techniques. Results of descriptive analysis can be seen that dimensions Appearence indicates that website look quite attractive, very clear color display design, display download speed is fast enough, image resolution is fairly balanced, attractive graphic design, placement and animated icons quite correct according type website is clear. On dimension navigation is very easy to use, fairly easy to control navigation, site map on website is easy enough, availability back button right on website and search engine is quite difficult to use. On dimension content respondents stated that content’s clear, information quality’s quite good, quite updated information, information is very easy to understand, have correct information, and size product image provided quite right. In shopping process dimension has ease of shopping, no more than five stages, availability product information very much, information to correct buying process, has a very high purchase safety aspects. Keywords : Appearence, navigation, content and shopping process ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keberhasilan design website eCommerce pada tokobagus.com sebagai obyek penelitian dan untuk mengetahui dan medeskripsikan hasil dari persepsi pengunjung terhadap keberhasilan design website eCommerce. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 63 responden dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Metode pengumpulan data kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik analisis data distribusi frekuensi. Hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa pada dimensi appearence menunjukkan bahwa tampilan website cukup menarik, warna desain tampilan sangat jelas, kecepatan download tampilan cukup cepat, resolusi gambar cukup seimbang, desain grafis menarik, penempatan ikon cukup benar dan animasi sesuai dengan jenis website jelas. Pada dimensi navigation sangat mudah digunakan, cukup mudah mengontrol navigasi, site map pada website cukup mudah, ketersedian tombol kembali benar dan mesin pencarian pada website cukup sulit digunakan. Pada dimensi content responden menyatakan bahwa isi konten sangat jelas, kualitas informasi cukup baik, informasi cukup updated, informasi sangat mudah dipahami, memiliki informasi yang benar, dan ukuran gambar produk yang disediakan cukup tepat. Pada dimensi shopping process memiliki kemudahan proses belanja, tidak lebih dari lima tahap, ketersediaan informasi produk sangat banyak, infromasi untuk proses pembelian benar, memiliki aspek keamanan pembelian sangat tinggi. Kata Kunci : Appearence, navigation, content dan shopping process