EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI DIREKTORAT JENDERAL PAJAK (SIDJP) (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Utara)
Main Author: | Lestari, Marina |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2013
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/302 |
Daftar Isi:
- This research is done to know how existence of SIDJP image and SIDJP effectiveness whatever available on Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama North Malang. Variable studied consisted of 6 variables: system quality, information quality, service quality, use, user satisfaction, and net benefit. Observational type that is done is observational descriptive with quantitative approaching with broadcasts questioner as collector of master data to KPP Pratama North Malang emlpoyees. Analysis is data that is utilized is establish to assess frequency distribution and establishes modus point. Result observationaling to point out that SIDJP who is applied on Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama North Malang gets to be said effective bases modus frequency distribution and point count their variable from questioner which is broadcast on 44 respondents. SIDJP has performa good system is seen from hardware and software that is utilized. Resulting information SIDJP gives benefit in decision making. Mark sense user satisfaction to SIDJP. SIDJP purpose that increase service quality. Increasing it KPP Pratama North Malang in going its activity. Keywords: information system, effectiveness of SIDJP Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana gambaran keberadaan SIDJP serta efektifitas SIDJP yang ada pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Utara. Variabel yang diteliti terdiri dari 6 variabel yaitu: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, penggunaan, kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner sebagai alat pengumpul data utama kepada pegawai KPP Pratama Malang Utara. Analisis data yang digunakan adalah menetapkan nilai distribusi frekuensi dan menetapkan nilai modus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIDJP yang diterapkan pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Utara dapat dikatakan efektif berdasarkan perhitungan distribusi frekuensi dan nilai modus masing-masing variabel dari kuesioner yang disebarkan pada 44 responden. SIDJP memiliki performa sistem yang baik dilihat dari hardware dan software yang digunakan. Informasi yang dihasilkan SIDJP memberikan manfaat dalam pengambilan keputusan. Adanya kepuasan pengguna terhadap SIDJP. Penggunaan SIDJP yang meningkatkan kualitas pelayanan. Meningkatnya kinerja KPP Pratama Malang Utara dalam menjalankan kegiatannya. Kata kunci : sistem informasi, efektifitas SIDJP