PENGARUH KEPIMIMPINAN PELAYAN (SERVANT LEADERSHIP) TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Karyawan PT. Astra Internasional Tbk-TSO AUTO 2000 Malang Sutoyo)
Main Authors: | Maharani, Pingki Deanira, Aini, Edlyn Khurotul |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2019
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2848 |
Daftar Isi:
- Organizational Citizenship Behavior (OCB) is considered essential for organizational survival because it can maximize the efficiency of employees and organizations that ultimately contribute to the effective functioning of an organization. There are many factors that can form employee Organizational citizenship behavior (OCB) to be better, including servant leadership and job satisfaction. This study aims to determine and analyze the influence of servant leadership on organizational citizenship behavior (OCB) with job satisfaction as intervening variabel at PT. Astra International Tbk - Auto 2000 TSO Malang Sutoyo. Analysis result shows that servant leadership variables have a significant influence on job satisfaction, servant leadership variables have a significant effect on organizational citizenship behavior (OCB), job satisfaction variables have a significant effect on organizational citizenship behavior (OCB), and job satisfaction mediates the influence between leadership servant leadership on organizational citizenship behavior (OCB). The conclusions of this research shows that servant leadership has an influence on organizational citizenship behavior (OCB) with job satisfaction as intervening variabel. Keywords: Servant Leadership, Job Satisfaction, and Organizational Citizenship Behavior (OCB). АBSTRАK Organizational Citizenship Behavior (OCB) dianggap penting untuk kelangsungan hidup organisasi karena dapat memaksimalkan efisiensi dari karyawan dan organisasi yang pada akhirnya berkontribusi pada fungsi efektif dari sebuah organisasi. Terdapat banyak faktor yang dapat membentuk organizational citizenship behavior (OCB) karyawan menjadi lebih baik, diantaranya kepemimpinan pelayan (servant leadership) dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan pelayan (servant leadership) terhadap organizational citizenship behavior (OCB) dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada PT. Astra International Tbk-TSO Auto 2000 Malang Sutoyo. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Hasil analisis menunjukkan variabel kepemimpinan pelayan (servant leadership) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel kepemimpinan pelayan berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), variabel kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), dan kepuasan kerja memediasi pengaruh antara kepemimpinan pelayan (servant leadership) terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan kepemimpinan pelayan (servant leadership) memiliki pengaruh pada organizational citizenship behavior (OCB) dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Kata kunci: Kepemimpinan Pelayan (Servant Leadership), Kepuasan Kerja, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB).