UPAYA MASKAPAI PENERBANGAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA ON TIME PERFORMANCE (OTP) (Studi Pada Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia)

Main Authors: Aini, Rofifah Nur, Pangestuti, Edriana
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya , 2019
Online Access: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2833
Daftar Isi:
  • On Time Performance (OTP) is one of performance appraisal indicator in airlines. On Time Performance (OTP) is the ability of airlines to depart or arrive on time. The object of this study is the Garuda Indonesia airline. Garuda Indonesia's On Time Performance (OTP) in 2017 has fluctuated however in 2018 has increased gradually. Garuda Indonesia airlines have managed to maintain their achievements in the top five global airlines with the number of flights above ten thousand through the achievement of On Time Performance (OTP). Seeing that, this study aims to determine the efforts made by Garuda Indonesia airlines in improving the performance of On Time Performance (OTP), and the factors that cause On Time Performance (OTP) are not achieved. This type of research used exploratory research with a qualitative approach. The formulation of the problems examined by the researcher are: (1) What are the factors that cause On Time Performance (OTP) are not achieved? (2) What efforts have been made by Garuda Indonesia airlines to improve the performance of On Time Performance (OTP)? Data collection techniques used by researcher are observation, interviews and documentation, and using three stages of data analysis, namely data collection, data classification and drawing conclusions. Keywords: On Time Performance (OTP), Delay АBSTRАK On Time Performance (OTP) menjadi salah satu indikator penilaian kinerja pada perusahaan penerbangan. On Time Performance (OTP) merupakan kemampuan maskapai penerbangan untuk berangkat atau tiba dengan tepat waktu. Obyek dari penelitian ini adalah maskapai penerbangan Garuda Indonesia. On Time Performance (OTP) Garuda Indonesia pada tahun 2017 mengalami fluktuasi namun pada tahun 2018 mengalami kenaikan secara bertahap. Maskapai Garuda Indonesia berhasil mempertahankan prestasinya dalam lima besar maskapai global dengan jumlah penerbangan diatas sepuluh ribu melalui capaian On Time Performance (OTP). Melihat hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia dalam meningkatkan kinerja On Time Performance (OTP), serta faktor penyebab On Time Performance (OTP) tidak tercapai. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Rumusan masalah yang dikaji oleh peneliti yaitu: (1) Apa saja faktor penyebab On Time Performance (OTP) tidak tercapai pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia? (2) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia dalam meningkatkan kinerja On Time Performance (OTP)? Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan tiga tahap analisis data yaitu pengumpulan data, pengklasifikasian data dan penarikan kesimpulan. Kаtа Kunci: On Time Performance (OTP), Keterlambatan