PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Make up Artist yang Membeli dan Menggunakan Produk KRYOLAN di Kabupaten Bojonegoro)
Main Authors: | Aries, Muhammad, Sunarti, Sunarti, Mawardi, M. Kholid |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2018
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2530 |
Daftar Isi:
- This research aims to: (1) investigate the influence of word of mouth on purchase intention; (2) investigate the influence of word of mouth on purchasing decision; (3) investigate the influence of purchase intention on purchasing decision. The research method used explanatory research with quantitative approach. Total sample is 100 respondents who work as make up artist in Kabupaten Bojonegoro who made the purchase of KRYOLAN’s product. The sampling technique used is accidental sampling with questionnaires as the instrument for collecting data. Analysis of the data in this research used descriptive analysis and path analysis. The result of this research shows that: (1) word of mouth (X) has significant influence on purchase intention (Y1) with beta coefficient (β) is 0,650 and the level of significance is 0,000 (p<0,05); (2) word of mouth (X) has influence on purchasing decision (Y2) with beta coefficient (β) 0,236 and the level of significance is 0,010 (p<0,05); (3) purchase intention (Y1) has influence on purchasing decision (Y2) with beta coefficient (β) 0,567 and the level of significance is 0,000 (p<0,05). Key Words: Word of Mouth, Purchase Intention, Purchasing Decision. АBSTRАK Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) pengaruh word of mouth terhadap minat beli; (2) pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian; (3) pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 orang responden yang berprofesi sebagai make up artist di Kabupaten Bojonegoro yang melakukan pembelian produk KRYOLAN. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) variabel word of mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli (Y1) dengan koefisien beta (β) sebesar 0,650 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05); (2) variabel word of mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y2) dengan koefisien beta (β) sebesar 0,236 dan tingkat signifikansi sebesar 0,010 (p<0,05); (3) variabel minat beli (Y1) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y2) dengan koefisien beta (β) sebesar 0,567 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Kata Kunci: Word of Mouth, Minat Beli, Keputusan Pembelian.