PENGARUH FEAR APPEALS TERHADAP MOTIVASI MEMBELI (Survei pada Perokok Remaja Usia 13 sampai 19 Tahun di Kota Malang)

Main Authors: Firdias, Adil, Mawardi, M. Kholid, Irawan, Ari
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya , 2018
Online Access: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2457
Daftar Isi:
  • The objectives of this study is to explain partial and simultaneous influence of the fear, threat and efficacy towards buying motivation. This study used survey method type with quantitative approach. Population in this study were teenage smokers aged 13 to 19 years in Malang. Total amount sample used in this study is 116 respondents by used purposive sampling. The instrument used in this study was a questionnaire contained by several question with Likert Scale. Data analysis used in this study is descriptive analysis, multiple linear regression analysis, simultaneous test (F) and partial test (t). Result of this study indicate: partially variable of fear (X1) have positive influence but the effect on buying motivation variable (Y) is insignificant; the threat variable (X2) has a negative influence and no significant effect on the buying motivation variable (Y); the efficacy variable (X3) has a negative effect and no significant effect on the buying motivation variable (Y). Simultaneously the variables of fear (X1), threat (X2) and efficacy (X3) do not have a mutual influence on the buying motivation variable (Y). Based on these results the fear factor is the only variable that has a positive value although the value is very minor. Keywords: fear appeals, fear, threat, efficacy, buying motivation. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh secara parsial dan simultan fear, threat dan efficacy terhadap motivasi membeli. Penelitian ini menggunakan jenis metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah perokok remaja usia 13 sampai 19 di Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 responden dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang berisikan beberapa pertanyaan dengan ukuran skala Likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji bersama-sama (F) dan uji parsial (t). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: secara parsial variabel fear (X1) memiliki pengaruh positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi membeli (Y); variabel threat (X2) memiliki pengaruh negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi membeli (Y); variabel efficacy (X3) memiliki pengaruh negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi membeli (Y). Secara simultan variabel fear (X1), threat (X2) dan efficacy (X3) tidak memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel motivasi membeli (Y). Berdasarkan hasil tersebut faktor fear adalah satu-satunya variabel yang memiliki nilai positif walaupun nilainya sangat rendah. Kata kunci: fear appeals, fear, threat, efficacy, motivasi membeli.