ANALISIS STRATEGI EKSPANSI DALAM PENGEMBANGAN BISNIS DI PASAR GLOBAL (Studi Kasus Pada Pt Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dalam Akuisisi Thang Long Cement Company Di Vietnam)

Main Authors: Purboningrum, Elok Lestyani, Supriono, Supriono
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya , 2018
Online Access: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2401
Daftar Isi:
  • The aims of this study are (1) To analyze the factors influencing the decision of PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. in expanding into global markets, (2) Knowing the strategies applied by PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.dalam expanding into global markets, (3) Analyzing the strengths, weaknesses, opportunities, and threats owned by PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. The type of this research is descriptive by using qualitative approach. The analysis method used is SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunities, and Threats). The results of this study provide the fact that the desire factor to grow and develop into one of the main factors of the company to expand into the global market, the strategy used by PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. namely the company's acquisition strategy by buying shares. Through SWOT analysis, it is known that the company's greatest strength lies in the financial and experience side and strong brand image. The biggest weakness of the company lies in the absence of experience in acquiring the company. The greatest opportunity lies in the high industry growth and cement consumption in Vietnam, while the threat to the company is a strong competitor as well (old players and new players). Keywords: Strategy, Expansion, Acquisition, Business Development, Global Market ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dalam melakukan ekspansi ke pasar global, (2) Mengetahui strategi yang terapkan oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.dalam melakukan ekspansi ke pasar global, (3) Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, dan Threats). Hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa faktor keinginan untuk tumbuh dan berkembang menjadi salah satu faktor utama perusahaan melakukan ekspansi ke pasar global, strategi yang digunakan oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. yaitu strategi akuisisi perusahaan dengan pembelian saham. Melalui analisis SWOT, diketahui bahwa kekuatan terbesar perusahaan terletak pada segi keuangan dan pengalaman serta brand image yang kuat. Kelemahan terbesar perusahaan terletak pada belum adanya pengalaman yang dimiliki dalam mengakuisisi perusahaan. Peluang terbesar terletak pada pertumbuhan industri dan konsumsi semen di Vietnam yang tinggi, sedangkan ancaman bagi perusahaan ialah kompetitor yang cukup kuat juga (pemain lama dan pemain baru). Kata kunci : Strategi, Ekspansi, Akuisisi, Pengembangan Bisnis, Pasar Global