PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Konsumen Sepeda Motor Merek Honda Di Kota Malang, Jawa Timur)

Main Authors: Simanjuntak, Asnandar, Iqbal, Mohammad, Alfisyahr, Rizal
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya , 2018
Online Access: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2310
Daftar Isi:
  • The type of research used in research namely research eksplanatori (explanatory research). According to Hermawan (2009:20), explanatory research is research that explains the causal relationships between variables through hypothesis testing. This research was conducted to find out the influence of the quality of the products (X1) against the decision of purchase (Y), the influence of after-sales service (X2) against the decision of purchase (Y). The approach used in this study is the author of the quantitative survey methods. The results of this study indicate that the variable product quality and after-sales service are jointly significant effect against the purchase decisions that can be seen from the value significance F α i.e. 0.000 < 0.05 and value adjusted < R Square of 0.483. This shows that the variable contribution of product quality and after-sales service of 48.3% while the remaining 51.7% are affected by other variables not examined in this study, partially variable product quality of 0.269 and variable after-sales service of 0.318 effect significantly and positively against the variable purchase decisions. Kеywords: Product Quality, After-sales Service, Purchase Decisions АBSTRАK Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yakni penelitian eksplanatori (explanatory research). Menurut Hermawan (2009:20), explanatory research merupakan penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y), Pengaruh Layanan Purna Jual (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai adjusted R Square sebesar 0,483. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel kualitas produk dan layanan purna jual sebesar 48,3% sedangkan sisanya 51,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, secara parsial variabel kualitas produk sebesar 0,269 dan variabel layanan purna jual sebesar 0,318 berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian. Kаtа Kunci: Kualitas Produk, Layanan Purna Jual, Keputusan Pembelian