PENGARUH HEDONIC DAN UTILITARIAN MOTIVATION TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION PADA PEMILIHAN TAS MEWAH (Survei Online Terhadap Konsumen Wanita yang membeli Tas Mewah Pada Store Urban Icon Di Surabaya)

Main Authors: Cholifaturrosida, Afina Putri, Mawardi, M. Kholid, Bafadhal, Aniesa Samira
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya , 2018
Online Access: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2274
Daftar Isi:
  • This study aims to determine and explain the effects caused by the dependent variable significantly influence between hedonic and utilitarian motivation of behavioral intention. This research uses explanatory research with quantitative approach. The sample used in this study amounted to 116 respondents, this respondens are the consumers who bought a luxury bag on the Urban Icon store. Data analysis using descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results of this research showed that hedonic and utilitarian motivation variables significantly influence the behavioral intention. The effect of 54.9% result is obtained from R square value. While the remaining 45.1% behavioral intention variables will be influenced by other variables that are not discussed in this research. From the results of this study the two independent variables have a significant influence on the dependent variable simultaneously and partially. However, utilitarian motivation variables have a dominant influence on behavioral intention. In the t test results found that utilitarian motivation variables have t count value and the largest beta coefficient is t count = 6.705 and beta coefficient = 0,515. Kеywords: Hedonic Motivation, Utilitarian Motivation, Behavioral Intention АBSTRАK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel independen terhadap variabel dependen, yaitu pengaruh secara signifikan antara hedonic dan utilitarian motivation terhadap behavioral intention. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 116 responden yang merupakan konsumen yang membeli tas mewah pada store Urban Icon. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel hedonic dan utilitarian motivation berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention. Pengaruh yang ditimbulkan sebesar 54,9% hasil tersebut diperoleh dari nilai R square. Sedangkan sisanya 45,1% variabel behavioral intention akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini kedua variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat secara simultan dan parsial. Namun variabel utilitarian motivation mempunyai pengaruh yang dominan terhadap behavioral intention. Pada hasil uji t didapatkan bahwa variabel utilitarian motivation mempunyai nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar yaitu t hitung = 6,705 dan koefisien beta = 0,515. Kаtа Kunci: Hedonic Motivation, Utilitarian Motivation, Behavioral Intention