ANALISIS RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Pelanggan Java Dancer Coffee Roaster)

Main Authors: Amaliyah, Nur Putri, Sunarti, Sunarti
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya , 2018
Online Access: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2263
Daftar Isi:
  • This research is intended to explain the effect of: (1) the influence of Relationship Marketing Against Customer Satisfaction; (2) influence Relationship Marketing on Customer Loyalty; (3) the effect of Customer Satisfaction on Customer Loyalty.The results of this study indicate a positive influence between the significance of Relationship Marketing can be seen from the significance of F <α that is 0,000 <0,05 and Adjusted R Square value of 0,275. This shows that there is difference of variable of Relationship Marketing and Customer Satisfaction of 27,5% while the rest 72,5%. And Relationship Marketing correlates positively and significantly to Customer Loyalty which can be seen from significance value of F <α that is 0,000 <0,05 and Adjusted R Square value equal to 0,538. This shows the difference of variables. Relationship Marketing and Customer Loyalty of 53,8% while the remaining 46,2%. And Costumer Satisfaction related positively and significantly to Customer Loyalty which can be seen from significance value F <α that is 0,000 <0,05 and Adjusted R Square value equal to 0,538. This shows the difference of Costumer Satisfaction and Customer Loyalty variable by 53,8% while the rest is 46,2% Kеywords: Relationship Marketing, Customer Satisfaction, Customer Loyalty АBSTRАK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh: (1) pengaruh RelationshipMarketing terhadap Kepuasan Pelanggan; (2) pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan(3) pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Relationship Marketing berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan yang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Adjusted RSquare sebesar 0,275. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel RelationshipMarketing dan Kepuasan Konsumen adalah sebesar 27,5% sedangkan sisanya 72,5%. Dan Relationship Marketing berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelangganyang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,538. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel Relationship Marketing dan Loyalitas Pelanggan adalah sebesar 53,8% sedangkan sisanya 46,2%. dan Kepuasan Pelanggan berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelangganyang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,538. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan adalah sebesar 53,8 % sedangkan sisanya 46,2%. Kаtа Kunci: Relationship Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas