ANALISIS DETERMINAN INTENSI UNTUK MELAKUKAN BUSINESS EXIT BAGI PARA PELAKU UKM (Survei pada Para Pemilik UKM di Kota Malang)
Main Authors: | Putri, Andini Atikah, Iqbal, Mohammad, Irawan, Ari |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2018
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2252 |
Daftar Isi:
- The purpose of this study is to know the tendency of SMEs in Malang City to Business Exit and to know the factors that influence in forming the intention to business exit. This research uses exploratory research with quantitative approach done by using factor analysis technique through confirmatory factor analysis (CFA) approach to confirm the construct previously used by the previous researcher. Data collection method used is survey method through the distribution of questionnaires to respondents. The population in this study is the owner of SMEs in Malang with a total sample of 100 respondents. The results of the analysis prove that there are still differences in understanding of business exit and SME business governance in Malang. That the perpetrators are generally still in a simple stage of understanding the concept of exit. This is possible because the things that are governance are still conventional and not understood as a strategic aspect that can make these efforts become sustain. The result of the analysis also proves that the factors that influence the form of intention to do business exit are innovativeness, proactiveness, risk taking, goal achievement, social status, knowledge of the business, attitude, subjective noun, and perceived behavior control. Keywords : Business Exit, Factor Analysis, SMEs ABSTRAK Tujuan dari penelian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan pelaku UKM di Kota Malang terhadap business exit dan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam membentuk intensi terhadap business exit. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian exploratory dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan teknik factor analysis melalui pendekatan confirmatory factor analysis (CFA) untuk menkonfirmasi konstruk yang sebelumnya telah dipakai oleh peneliti terdahulu. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode survei melalui pembagian kuisioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UKM di Kota Malang dengantotal sampel 100 orang responden. Hasil analisis membuktikan bahwa masih terdapat perbedaan pemahaman mengenai business exit dan tata kelola usaha UKM di Kota Malang. Bahwa para pelaku umumnya masih berada dalam tahapan yang sederhanamengenai pemahaman konsep exit. Hal ini dimungkinkan terjadi karena hal-hal yang bersifat tata kelola masih bersifat konvensional dan belum dipahami sebagai suatu aspek yang stratejik yang dapat menjadikan usaha-usaha tersebut menjadi sustain. Hasil analisis juga membuktikan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh dalam membentuk intensi untuk melakukan business exit yaitu innovativeness, proactiveness, risk taking, goal achievement, social status, knowledge of the business, attitude, subjective noun, dan perceived behavior control. Kata Kunci : Business Exit, Factor Analysis, UKM