HUBUNGAN DISTRIBUSI TERHADAP PENJUALAN (Studi Pada Distribusi Pupuk Npk Non Subsidi Area Pemasaran Kalimantan Di Pt. Pupuk Kalimantan Timur)
Main Authors: | Lasindrang, Rafida Zata Yumni, Fauzi DH, Achmad |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2018
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2232 |
Daftar Isi:
- This research aims to know 1) the process of NPK fertilizer non subsidies distribution non marketing area in Kalimantan that had occurred in PT. Pupuk Kalimantan Timur. 2) the correlation between distribution of fertilizer NPK non subsidized with sales. The Determination of the informant is done by the technique of snowball. There are 5 representatives of employees who become the informants in this research. They are Ms. Tia Juniarti Revita Pratiwi, Mr. Ajang Christianto, Ms. Rima Merita Panjaitan, and Mr. Mochammad Saifie. This research used interactive model analysis of Huberman and Miles, Saldana, as the technique of the data anaylisis and used triangulation to check the validity of the data. The result of this research shows that the distribution activities and sales have a relation very closely. Without the support of a good distribution activities, sales will not ever happened. This research also found out if the Market, Product, Corporate, Environmental Economics, Environmental Sociocultular, and Competition between fellow fertilizer company can influence the distribution activities. Kеywords: Distribution, Sales, Fertilizer АBSTRАK Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui proses distribusi pupuk NPK non subsidi di area pemasaran Kalimantan yang selama ini berlaku di PT. Pupuk Kalimantan Timur; 2) mengetahui hubungan distribusi pupuk NPK non subsidi dengan penjualan. Penentuan informan dilakukan dengan teknik snowball. Terdapat 5 perwakilan karyawan yang menjadi informan dalam penelitian ini. Terdiri dari Ibu Tia Juniarti, Ibu Revita Pratiwi, Bapak Ajang Christianto, Ibu Rima Merita Panjaitan, dan Bapak Mochammad Saifiie. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles, Huberman dan Saldana, serta menggunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan distribusi memilki hubungan yang sangat erat dengan penjualan. Tanpa dukungan dari kegiatan distribusi yang baik penjualan tidak akan terjadi. Dalam penelititan ini juga ditemukan jika Pasar, Produk, Perusahaan, Lingkungan Ekonomi, Lingkungan sosiokultular, dan kompetisi antar sesama perusahaan pupuk dapat mempengaruhi kegiatan distribusi. Kаtа Kunci: Distribusi, Penjualan, Pupuk