ANALISIS PEMETAAN JEJARING STAKEHOLDER PARIWISATA DI KOTA BATU DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOCIAL NETWORK ANALYSIS (SNA)
Main Authors: | Pratama, Rhiki, Iqbal, Mohammad |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2018
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2230 |
Daftar Isi:
- Batu is one of the tourism city in East Java which has highly tourism investment. Government of Batu noted there are 48 attractions, 73 hotels and resorts, 50 restaurants, 16 homestays, 148 villas, 4 tourism markets, 13 souvenir centers, and 56 SMEs that the sustainability of tourism in Batu. Multiple stakeholder made a interaction pattern, that can be visualized in a network. This research uses exploratory method with qualitative approach. The technique of data retrieval obtained form interview, observation, and documentation from three types of stakeholder : public sector, private sector and community. Data analysis using social network analysis (SNA) descriptively. The result of this research showed the map of tourism stakeholder has known that some actors are dominant in the network. The measure of degree centrality indicates that travel agent have important roles in the networks. In the measure of closeness centrality there are three most actors like broker, POKDARWIS, ASITA have important roles. Meanwhile, according between centrality, Department of Tourism and Culture, and travel agents able to act as facilitators of other actors in the network. Keywords : Social Network Analysis, Stakeholder, Degree Centrality, Closeness Centrality, Betweenness Centrality, Kota Batu ABSTRAK Kota Batu merupakan salah satu kota wisata di Jawa Timur yang memiliki tingkat investasi usaha pariwisata yang tinggi. Pemerintah Kota Batu mencatat terdapat 48 atraksi wisata, 73 hotel and resort, 50 rumah makan, 16 homestay, 148 villa, 4 pasar wisata, 13 pusat oleh-oleh dan 56 UMKM yang mendukung keberlangsungan pariwisata di Kota Batu. Beberapa stakeholder pariwisata tersebut membentuk sebuah pola interaksi yang dapat divisualisasikan dalam sebuah peta jejaring. Penelitian ini menggunakan metode eksploratori dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data diperoleh dari interview, observasi dan dokumentasi dari tiga jenis stakeholder yaitu public sector, private sector, dan community. Analisis data yang digunakan menggunakan metode social network analysis (SNA) yang dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada peta jejaring stakeholder pariwisata terdapat beberapa aktor yang memiliki peran penting dalam jaringan. Berdasarkan ukuran degree centrality, travel agent menjadi aktor yang memiliki peran penting dalam jaringan. Sedangkan ukuran closeness centrality terdapat tiga aktor yang memiliki peran dominan yaitu makelar, POKDARWIS, dan ASITA. Sedangkan ukuran betweenness centrality, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta travel agent mampu berperan sebagai fasilitator bagi aktor lain dalam jaringan. Kata Kunci : Social Network Analysis, Stakeholder, Degree Centrality, Closeness Centrality, Betweenness Centrality, Kota Batu