ANALYSIS OF RECRUITMENT AND SELECTION IN FAMILY-OWNED SMALL MEDIUM ENTERPRISES
Main Authors: | Hardy, Human, Afrianty, Tri Wulida |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2018
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2228 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai: 1) Kemampuan dan kualitas pelamar seperti apa yang dicari oleh pelaku bisnis UKM berbasis perusahaan keluarga. 2) Metode rekrutmen yang diterapkan pada UKM. 3) Metode seleksi yang diterapkan pada UKM 4) Bagaimana pelaku bisnis UKM berbasis perusahaan keluarga melakukan proses penilaian terhadap kemampuan yang dimiliki oleh pelamar. 5) Tantangan apa saja yang dihadapi oleh pelaku bisnis UKM berbasis perusahaan keluarga dalam proses rekrutmen. 6) Tantangan apa saja yang dihadapi oleh perusahaan keluarga dalam proses seleksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Total dari pertisipan wawancara adalah sembilan orang, terdiri dari tiga pemilik usaha, tiga manajer dan tiga pegawai level bawah. Wawancara dilakukan di Golden MM (retail), Omah Kentang (rumah makan), dan Rotterdam Bakery (pabrik roti), Batu, Jawa Timur. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman dan Saldana (2014) yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UKM berbasis perusahaan keluarga menggunakan jalur rekrutmen internal promosi dengan kecenderungan menempatkan anggota keluarga mereka sendiri untuk mengisi posisi strategis, serta jalur rekrutmen eksternal walk-ins, rekomendasi pegawai internal, iklan, dan nepotisme. Kata Kunci: UKM, Perusahaan Keluarga, Rekrutmen, Seleksi ABSTRACT The aims of this research are to analyze: 1) Skills and qualities required by SMEs. 2) Recruitment methods in SMEs. 3) Selection methods in SMEs. 4) SMEs assessment process of the possession of skills from the applicant. 5) Challenges of recruitment implementation in SMEs. 6) Challenges of selection implementation in SMEs. This research uses a descriptive qualitative method as the research’s method. The data was collected through in depth interviews and observation. The interviews were conducted in Golden MM (retail store), Omah Kentang (restaurant), and Rotterdam Bakery (bread factory), Batu, East Java. Total of research participants are nine people, consisted of three owners, three managers and three bottom level employees. The data were analyzed using an interactive model of Miles, Huberman and Saldana (2014). The analysis steps are data collection, condensation, data presentation, and conclusion. The results of this research showed that family-owned SMEs were using internal recruitment (.i.e. promotion) with a tendency to place the family member in strategic position in the organization, and using external recruitment (.i.e. walk-in interview, employee recommendation, advertising, and nepotism). Selection method used in family-owned SMEs are administratives test and knowledge and skill test through contract period. Key Word: SME, Family Business, Recruitment, Selection