PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIS TERHADAP PERILAKU PASCAPEMBELIAN (Survei pada Pelanggan Toyota Avanza di AUTO2000 Sutoyo, Malang)
Main Authors: | Ekananda, Linda Wahyu, Fanani, Dahlan |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2018
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2193 |
Daftar Isi:
- In the marketing area, value has considered as key concept to understanded and predicted customer behaviour. There appear to be two universal concepts of customer value is utilitarian value and hedonic value. The direction of study was to investigated the simultaneously and partially effect of utilitarian value and hedonic value on post-purchase behavior. This research had the used of explanatory research with quantitative approach. The research’s object are Toyota Avanza’s customer on AUTO2000 Sutoyo Malang. The method of the data collection had the used of purposive sampling. The analysis method was using description analysis and multiple linear regression analysis. In the end of this research showed utilitarian value and hedonic value has simultaneously and partially effect on post-purchase behavior. Keywords: Utilitarian Value, Hedonic Value and Post-Purchase Behavior ABSTRAK Di ranah pemasaran, nilai dipertimbangkan sebagai sebuah konsep inti dalam memahami dan meramalkan perilaku konsumen. Dua konsep universal dari nilai pelanggan yaitu nilai utilitarian dan nilai hedonis. Arah penelitian tersebut adalah untuk memahami dampak secara serentak dan secara sebagian nilai utilitarian dan nilai hedonis terhadap perilaku pascapembelian. Penelitian ini memakai metode penelitian penjelasan dengan pendekatan yang kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah pelanggan Toyota Avanza di AUTO2000 Sutoyo Malang. Teknik pengambilan sampel memakai teknik purposif. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Kesimpulan penelitian ini memperlihatkan nilai utilitarian dan nilai hedonis berdampak secara serentak dan parsial terhadap perilaku pascapembelian. Kata kunci: Nilai Utilitarian, Nilai Hedonis dan Perilaku Pasca Pembelisn