STRATEGI UMKM DALAM MEMBANGUN BRAND TOKO ONLINE DI MARKETPLACE (Studi pada komunitas Tokopedia di Kota Bekasi)

Main Authors: Rahman, Fadhlir, Mawardi, M. Kholid
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya , 2018
Online Access: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2180
Daftar Isi:
  • The research investigated strategies used by MSMEs in creating a brand image of an online store in a marketplace. The research also aims to identify factors that strengthen and undermine the progress of building the brand image of MSMEs. To support the research, particular theories are used such as the explanation of MSMEs, e-Commerce, and the strategy of building a brand image. Qualitative approach and descriptive method are mainly used in this research. Techniques of collecting data use interview, observation, and documentation. The research shows that the strategy used in MSMEs is highly effective because the criteria of building a brand image are satisfyingly fulfilled, which are the popularity, credibility, and corporate likeability. MSMEs considers the use of advertisement on the internet by visually appealing, targeting a particular group, and building brand image. Some factors that contribute to strengthening the brand are awareness, environmental issue, marketplace, a premium feature, and community. On the other hand, some aspects inevitably undermine the progress of building a brand image namely the lack of marketplace service, the existence of official store, selection of products and supplier, the high expectation from consumers, and human resources. Kеywords: Strategy, Small Medium Enterprise, brand, e-commerce, online. АBSTRАK Penelitian ini membahas mengenai strategi yang digunakan UMKM dalam membangun brand image perusahaan (toko online) di marketplace. Tidak hanya itu penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat umkm dalam membangun brand. Beberapa teori yang mendasari penelitian ini yaitu penjelasan mengenai umkm, e-Commerce dan strategi membangun brand image perusahan. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan umkm dirasa telah efektif karena telah memenuhi kriteria membangun brand image perusahaan yaitu popularitas, kredibelitas, dan kemampuan untuk disukai (corporate likeability). Tidak hanya itu umkm juga menggunakan pertimbangan dalam membuat iklan di internet seperti menarik secara visual, membidik kelompok tertentu, dan menekankan merek serta citra perusahaan. Faktor pendukung UMKM dalam membangun brand terdiri dari faktor kesadaran, faktor lingkungan kota bekasi, faktor marketplace, fitur premium, dan komunitas. faktor penghambat umkm dalam membangun brand adalah pelayanan marketplace yang kurang maksimal, adanya official store, sulitnya memilih produk dan supplier, ekspektasi konsumen yang berlebihan, dan man power (SDM). Kata kunci : strategi, umkm, brand, e-commerce, online.