STRATEGI PEMASARAN PENERBANGAN BERKONSEP LOW COST CARRIER (LCC) DAN DAYA SAING PERUSAHAAN (Studi Pada Maskapai Penerbangan Pt. Garuda Indonesia Citilink)
Main Authors: | Yowanda, Hawa Bunga, Mawardi, M. Kholid |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2017
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2144 |
Daftar Isi:
- The focus of this research includes: first, how the marketing strategy is applied by the airline concept of low cost carrier in PT. Garuda Indonesia Citilink. Second, how does the impact of low cost carrier implementation on the company competition. The method used is qualitative with descriptive research type. The data is collected with documentation, observation, and interview techniques. Sources of data derived from primary data through interviews with informants from PT. Garuda Indonesia Citilinks' employee, while secondary data is extracted from internet sites and other related reports. Data analysis method uses Miles and Huberman data analysis model which is data collection, data condensation, data presentation, and conclusion. The result of marketing strategy research which is applied by PT. Garuda Indonesia Citilink is good enough in terms of Porter's competitive theory analysis. The company is able to attract new customers and retain old customers by improving service quality, providing continuous innovation, optimizing the efficiency process to provide a better service to customers. PT. Garuda Indonesia Citilink in the last few years, experienced rapid growth in terms of the number of passengers, flight frequency, and flight routes, because the cheap ticket prices provided more affordable for low average consumers. Keywords: Marketing Strategy, Low Cost Carrier, Competitive Capability ABSTRAK Fokus penlitian ini meliputi: pertama, bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan maskapai penerbangan berkonsep low cost carrier di PT. Garuda Indonesia Citilink. Kedua, bagaimanakah dampak penerapan low cost carrier terhadap daya saing perusahaan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dengan Teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sumber data berasal dari data primer melalui wawancara dengan informan dari pegawai PT. Garuda Indonesia Citilink, sedangkan data sekunder digali dari situs internet dan laporan terkait lainnya. Metode analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Garuda Indonesia Citilink sudah cukup baik ditinjau dari analisis teori daya saing Porter. Perusahaan mampu mearik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan, memberikan inovasi yang berkelanjutan, pengoptimalan proses efisiensi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. PT. Garuda Indonesia Citilimk dalam beberapa tahun terkahir, mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dalam hal jumlah penumpang, frekuensi penerbangan, dan rute penerbangan, karena dengan murahnya harga tiket yang disediakan semakin dapat dijangkau konsumen lapisan bawah. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Low Cost Carrier, Daya Saing