PENGARUH INTERNATIONAL BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada pemilik smartphone Lenovo di Kawasan Asia Tenggara)
Main Authors: | Kharisma, Suhud, Arifin, Zainul, Wilopo, Wilopo |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2017
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1950 |
Daftar Isi:
- This study aims to determine how much influence caused by the international brand image And product quality to consumer purchasing decisions on Lenovo smartphone products. This research uses explanatory research method that aims to explain or test the variables studied. This study used a sample of 113 respondents which is the buyer and owner of Lenovo smartphones in 5 Southeast Asian countries. Multiple linear regression analysis is an analytical technique used in this study, with the result of a significant influence simultaneously by both independent variables studied to the purchase decision. Partial analysis on international brand image variables get insignificant results even with positive values, meaning that the influence caused by international brand image is only small or can not be the main factor to increase consumer confidence in purchasing. Another partial test indicates that the effect produced by product quality variables has a significant result, meaning that by improving the quality of the product it also increases consumer confidence to buy a Lenovo smartphone. Key Words : International Brand Image, Product Quality, Purchase Decision ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh dengan adanya international brand image dan kualitas produk pada produk smartphone Lenovo terhadap keputusuan pembelian oleh konsumen pada produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research yang bertujuan menjelaskan atau menguji variabel yang diteliti. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 113 responden yang merupakan pembeli sekaligus pemilik smartphone Lenovo di 5 negara kawasan Asia Tenggara. Analisis regresi linier berganda adalah teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini, dengan hasil berupa adanya pengaruh signifikan secara simultan oleh kedua variabel bebas yang diteliti terhadap keputusan pembelian. Analisis secara parsial pada variabel international brand image memperoleh hasil yang tidak signifikan meskipun dengan nilai positif, artinya bahwa pengaruh yang ditimbulkan oleh international brand image hanya kecil atau tidak dapat dijadikan faktor utama untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dalam pembelian. Uji parsial lain menunjukkan bahwa pengaruh yang dihasilkan oleh variabel kualitas produk memiliki hasil yang signifikan, artinya bahwa dengan meningkatkan kualitas pada produk maka meningkat pula kepercayaan konsumen untuk membeli smartphone Lenovo. Kata Kunci : International Brand Image, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian