PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI (Studi pada Karyawan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk [Bank Jatim cabang Malang)

Main Authors: Sari, Retno Puspita, Susilo, Heru
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya , 2017
Online Access: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1896
Daftar Isi:
  • This study aimed to determine the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) on Job Satisfaction, to know the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) on Organizational Commitment and to know the effect of Job Satisfaction on Organizational Commitment. The method of this research eksplanative with the quantitative approach. The sampling method used in this research is the nonprobability sampling and according to the finding in the field of samples used amounted to 53 employees. The respondent of this research are the employee of Bank Jatim branch office Malang which is located in Jl. Jaksa Agung Suprapto 26-28. The measurement scale used in this research is likert scale. The data was obtained from primary data by questionare and documentation. This research uses path analysis by SPSS Software for Windows version 16.0. The inferencial result showed that the Social Aspect of the CSR has a significant influence to Job Satisfaction. The result of this research shows that the Social Aspect of the CSR doesn’t have significant effect towards the Organizational Commitment but on the other hand, the Job Satisfaction does have significant effect towards Organizational Commitment. The Social Aspect of the CSR does have the indirect effect towards the Organizational Commitment by means of the Job Satisfaction Keywords: Social Aspect of Corporate Social Responsibility (CSR), Job Satisfaction and Organizational Commitment. АBSTRАK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Aspek Sosial Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Kepuasan Kerja, mengetahui pengaruh Aspek Sosial Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Komitmen Organisasi dan mengetahui pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dan sesuai dengan penemuan di lapangan sampel yang digunakan berjumlah 53 orang. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan Bank Jatim cabang Malang yang bertempat di Jl. Jaksa Agung Suprapto no 26-28. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Sumber data diperoleh dari data primer dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS for windows versi 16.0. Analisis secara inferensial menunjukkan Aspek Sosial Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja. Aspek Sosial Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Komitmen Organisasi. Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Komitmen Organisasi. Aspek Sosial Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh secara tidak langsung terhadap Komitmen Organisasi melalui mediasi Kepuasan Kerja. Kata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi.