PENGARUH PENERAPAN AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Pembeli Kartu Perdana IM3 di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2012)
Main Author: | Rofiq, Abdul; Brawijaya University |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2013
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/127 |
Daftar Isi:
- Strategi AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) ini yang pasti guna memperoleh konsumen atau pelanggan dalam produknya. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh AIDA yang terdiri dari attention, interest, desire, dan action ini terhadap keputusan pembelian pada produk Indosat IM3. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah explanatory research yang mana menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebar kepada 100 responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat variabel AIDA yaitu Attention, Interest, Desire, dan Action secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Indosat IM3. Hal ini diketahui dari uji F yang menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Secara parsial diketahui hanya variabel Action yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain uji F dan uji t, uji R2 diketahui nilai Adjusted R Square sebesar 0,516 yang berarti besarnya variabel independen terhadap variabel depanden sebesar 51,6%. Kata kunci : Penerapan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), Keputusan Pembelian. ABSTRACK Strategy AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) This is certainly in order to obtain consumer or customer in the product. This study aims to determine how the effect of AIDA consisting of attention, interest, desire, and action have on purchasing decisions on products Indosat IM3. Type of research in this study is explanatory research which uses a questionnaire research instruments were distributed to 100 respondents in this study were students of the Faculty of Administrative Science Malang Force 2012. The results showed that of the four variables, namely AIDA Attention, Interest, Desire, and Action jointly influence on purchasing decisions on products Indosat IM3. It is known from the F test showed that the significance of 0.000 <0.05. Only partially known variables Action that significantly influence the purchase decision. In addition to the F test and t-test, known R2 Adjusted R Square value of 0.516, which means the magnitude of the independent variable to variable depanden of 51,6% Keywords : Application AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), purchasing decisions.