PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP FAKTOR PSIKOLOGIS YANG BERDAMPAK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa yang Membeli Handphone BlackBerry Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Mal
Main Authors: | Kusnaryati, Riwin; Brawijaya University, Fauzi, Achmad, Hidayat, Kadarisman |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
, 2016
|
Online Access: |
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/107 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan explanatory research dengan latar belakang bahwa untuk mencapai tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh Ekuitas Merek terhadap Faktor Psikologis yang berdampak terhadap Struktur Keputusan Pembelian, dan pengujian hipotesis. Variabel dalam penelitian adalah sebagai berikut: Variabel Independen yaitu Ekuitas Merek (X), variabel Antara (Intervening) yaitu Faktor Psikologis (Y1) sedangkan variabel Dependen yaitu Struktur Keputusan Pembelian (Y2). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang Membeli Handphone BlackBerry Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, dengan sampel sebanyak 104 responden yang diambil dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur atau Path Analysis yang di dalamnya terdapat analisis regresi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ekuitas Merek (X) secara langsung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Faktor Psikologis (Y1, Ekuitas Merek (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y2), Variabel Faktor Psikologis (Y1) secara langsung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y2), Ekuitas Merek (X) secara tidak langsung mempunyai pengaruh yang signifikan dengan variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y2) melalui variabel Faktor Psikologis (Y1) dengan pengaruh sebesar 0,182. Kata Kunci : Ekuitas Merek, Faktor Psikologis, Keputusan Pembelian Abstract This research utilizes explanatory research with that background to reach to the effect research which is to know Brand Equity influence to Psychological Factors and Purchase Decision Structure, and hypothesis testing. The research variables are as follows: Independent Variables is Brand Equity (X), variables between (Intervening) ie Psychological Factors (Y1), while the Dependent Variable is Purchase Decision Structure (Y2) .This study population is students who purchase a BlackBerry Mobile Force Department of Business Administration 2012/2013 Faculty of Administrative Science Malang, with a sample of 104 respondents were taken by purposive sampling. Data collection techniques in this study using questionnaires. Test instruments using validity and reliability testing. Analysis using path analysis or path analysis in which there is regression analysis. The data obtained were processed using SPSS 16.0 for Windows.The results showed that: Brand Equity (X) has a signifikant influence on Psychological Factors (Y1), Brand Equity (X) has a signifikant influence on the purchase decision structure (Y2), Psychological Factors (Y1) has a signifikant influence on the purchase decision structure (Y2), Brand Equity has a signifikant influence on Purchase Decision Structure (Y2) through the influence on Psychological Factors variable (Y1) 0,182. Keywords: Brand Equity, Psychological Factors, Purchase Decision