MODEL RESPONSIVITAS BIROKRASI DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN KESEHATAN GRATIS DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Main Author: ., Basra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Administrasi Perkantoran , 2015
Online Access: http://ojs.unm.ac.id/index.php/administrare/article/view/1524
http://ojs.unm.ac.id/index.php/administrare/article/view/1524/598
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis lebih jelas tentang proposisi dan alternatif model responsivitas birokrasi dalam implementasi kebijakan pelayanan kesehatan gratis di Kabupaten Sidenreng Rappang. Metode penelitian yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, didukung oleh instrumen penelitian lain seperti: pedoman observasi, pedoman wawancara, dan catatan dokumen. Teknik analisa data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan proses analisa data dengan model interaktif dari Miles and Huberman dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) data condensation 2) data display, dan 3) data conclution drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proposisi dan alternatif model responsivitas birokrasi dalam implementasi kebijakan pelayanan kesehatan gratis di Kabupaten Sidenreng Rappang dengan melalui beberapa dimensi yang menjadi pengembangan indikator responsivitas pelayanan publik, yaitu keramahan, kebersihan, kerjasama dan, kedisiplinan aparat birokrasi dalam merespon keluhan masyarakat dengan pelaksanaan kegiatan yang responsif. Kata Kunci: Responsivitas, Birokrasi, Implementasi Kebijakan.