ANALISIS TENTANG INTENSITAS PARTISIPASI GURU DALAM KEGIATAN KKG & KUALITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI TINJAU DARI STATUS SERTIFIKASI PADA GURU SD DI KECAMATAN GIANYAR

Main Authors: ., ANAK AGUNG GEDE RAKA, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/930
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/930/681
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara intensitas partisifasi guru dalam kegiatan KKG dan kualitas pengelolaan pembelajaran pada guru SD ditinjau status sertifikasi pada guru SD di Kecamatan Gianyar. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Gianyar dengan menggunakan rancangan Ex Post Facto. Sampel penelitian berjumlah 40 orang guru SD.Data dianalisis dengan analisis ragam perubah ganda satu arah (One-way Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan intensitas partisipasi guru dalam kegiatan KKG yang signifikan antara guru berstatus sertifikasi dengan guru berstatus belum bersertifikasi, Fhitung (7,673) > Ftabel (3,24) dengan p < 0,05), nilai rata-rata intensitas partisipasi guru dalam kegiatan KKG dengan status guru bersertifikasi yaitu 210,10 lebih besar dibandingkan intensitas partisipasi guru dalam kegiatan KKG dengan guru berstatus non sertifikasi, yaitu 197,50; (2) terdapat perbedaan kualitas pengelolaan pembelajaran yang signifikan antara guru berstatus sertifikasi dengan guru berstatus belum bersertifikasi Fhitung (5,887) > Ftabel (3,24) dengan p < 0,05); nilai rata-rata kualitas pengelolaan pembelajaran dengan status guru bersertifikasi yaitu 198,95 lebih besar dibandingkan kualitas pengelolaan pembelajaran dengan guru berstatus non sertifikasi, yaitu 188,00, (3) secara simultan terdapat perbedaan intensitas partisipasi guru dalam kegiatan KKG dan kualitas pengelolaan pembelajaran yang signifikan antara antara guru berstatus sertifikasi dengan guru berstatus belum bersertifikasi, (Fobs = 3,967 dengan signifikansi = 0,027). Kata Kunci : intensitas partisifasi, kualitas pengelolaan pembelajaran, status sertifikasi The aims of this study is to identify and analyze the relationship between the intensity partisifasi teachers in KKG and quality management of learning in terms of elementary teacher certification status on elementary school teachers in the District of Gianyar. The research was carried out in Gianyar District using Ex Post Facto design. Sample was 40 elementary school teachers. The intensity of the participation of teachers in KKG data collected by questionnaire and quality of learning management data are collected by questionnaire and observation. Data were analyzed by multivariate analysis of variance (One-way Manova). The results showed that: (1) there are significant differences in the intensity of the participation of teachers and between teachers KKG status with teacher certification status is not certified, F value (7,673)> F (3,24), p F (3,24), p