PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SLBB N SIDAKARYA

Main Authors: ., NI WAYAN SARMI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., Dr. GEDE RASBEN DANTES, ST.,M.T.I
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/1545
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/1545/1201
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan media gambar terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain pra-eksperimental jenis One Shot-Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa yang merupakan seluruh siswa kelas V SLBB Negeri Sidakarya dan pemilihan subjek penelitian ini menggunakan metode sensus yaitu melibatkan seluruh populasi dalam penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner minat belajar untuk mengetahui minat belajar siswa dan tes hasil belajar IPA untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa. Data dianalisis dengan statistik deskpritif dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang siginifikan pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan media gambar terhadap minat belajar IPA siswa dan (2) terdapat pengaruh yang siginifikan pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa. Kata Kunci : hasil belajar IPA, media gambar, minat dan pendekatan pembelajaran kontekstual This study aims at finding the effect of contextual learning approach aided with picture media toward students’ learning interest and science learning achievement. The study was a pre-experiment of quantitative research with one-shot case study design. The population of the study was 12 students who constituted all of the students of class V SLBB Negeri Sidakarya. The sample was selected by using census method, of which involving all population of the study. Data of students’ learning interest were collected by using learning motivation questionnaire and the data of science learning achievement were collected by using test. The collected data were analyzed by using descriptive quantitative and T-test. The findings of the study suggest that: (1) there is a significant effect of contextual learning approach aided with picture media toward students’ learning interest of science and (2) there is a significant effect of contextual learning approach aided with picture media toward students’ learning achievement science. keyword : contextual learning approach aided with picture media, interest, picture media, sciece learning achievement