PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN IBU NIFAS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL

Main Authors: ., LUH MERTASARI, ., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS, ., Dr. Ni Ketut Widiartini, M.Pd
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan , 2014
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/1135
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/1135/881
Daftar Isi:
  • Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi asesmen kinerja terhadap hasil belajar Asuhan Kebidanan Ibu Nifas ditinjau dari kecerdasan emosional dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah mahasiswa UPT Akademi Kebidanan Dinas Kesehatan Provinsi Bali Tahun Ajaran 2013/2014 dan sampelnya berjumlah 81 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis kovarians (ANAKOVA) satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar mahasiswa yang belajar dengan implementasi asesmen kinerja lebih tinggi dari mahasiswa yang belajar dengan asesmen konvensional (Fhitung = 33,466; P