Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Diskusi Debat Terhadap Kemampuan Berpikir Analitik Mata Pelajaran PPKn Ditinjau dari Sikap Sosial Siswa X MM SMK PGRI 2 Badung

Main Authors: ., I PUTU AGUS PUTRA ADNYANA, ., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS, ., Prof. Dr. I Wayan Koyan,M.Pd
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan , 2014
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/1092
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/1092/840
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis debat terhadap kemampuan berpikir analitik PKn ditinjau dari sikap sosial siswa kelas X MM SMK PGRI 2 Badung dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian ini berjumlah 54 siswa dengan sistem random sampling terhadap kelas. Pengambilan data dilakukan dengan kuisioner dan tes. Data diolah dengan Anakova satu jalur. Hasil penelitiannya adalah: (1) kemampuan berpikir analitik PKn siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis debat lebih baik dari siswa yang belajar dengan model konvensional sebelum kovariabel sikap sosial dikendalikan (Fhitung=15,696;P