UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARAKUNTANSI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU
Main Authors: | Setiyoningsih, Ambarwati, Ngadiman, -, hamidi, Nurhasan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2120 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2120/1542 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis prestasi belajar mata pelajaran akuntansi dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran kartu pada siswa kelas XI IPS-3 SMA Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi, tes dan dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu metode dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan analisis data kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dalam dua siklus. Peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 4 siswa (11,76%). Pada penerapan pembelajaran Team Games Tournament (TGT) mengalami kenaikan sebesar 5%. Berdasarkan penelitian menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran kartu dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS-3 SMA Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: Prestasi belajar siswa, Team Games Tournament (TGT) ABSTRACT The objectives of research were to study and to analyze the accounting learning achievement using Teams Games Tournament (TGT) type of cooperative learning with card learning media of the XI IPS-3 of SMA Batik 2 Surakarta in the school year of 2012/2013. This study was a classroom action research conducted in 2 cycles. The data collection was done using interview, observation, test and document. The data validation was done using triangulation technique: method and source. Techniques of analyzing data used were a descriptive comparative and critical data analyses. The increase of student passing from cycle I to II was 4 students (11.76%). In the application of Teams Games Tournament (TGT) of increase was 5%. Considering the research, it could be concluded that the application of Teams Games Tournament (TGT) cooperative learning with card learning media could improve the accounting learning achievement of the XI IPS-3 graders of SMA Batik 2 Surakarta in the school year of 2012/2013. Keywords: Student learning achievement, Team Games Tournament (TGT).