PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPASANGAN DAN BERKELOMPOK TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR KAYANG
Main Authors: | Daryusman, Chandra, Hermawan, Rahmat, Adam, Usman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JUPE (Jurnal Penjaskesrek)
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/3506 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/3506/2403 |
Daftar Isi:
- This study aims to determine the effect of learning models in pairs and in groups to gymnastics of kayang basic motor skills. The population in this study were students of SMP Negeri 1 Sukadana East Lampung with the sample used in this study were 60 students using a random sampling technique. The method used in this study is purely experimental method (True experiment) with the initial test study design (pre-test), grouping (Ordinal Pairing), treatment (treatment) , final test (post-test). Data collecting technique to test this basic motion using motion basic. Data analysis technique is using Analysis of Variance (ANOVA). The results of the data analysis showed that the model can improve the learning paired basic movement skills in a gymnastics floor kayang significantly (fcount 9.49 > ftable 3.15) as well as a model of learning in groups showed significant improvement (fcount 6.33 > ftable 3.15).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berpasangan dan berkelompok terhadap keterampilan gerak dasar kayang. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Sukadana Lampung Timur dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa menggunakan teknik random sampling . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen murni (True experiment) dengan desain penelitian tes awal (pre test), pengelompokan (Ordinal Pairing), perlakuan (treatment), tes akhir (post test). Teknik pengambilan data untuk tes gerak dasar ini menggunakan Tes keterampilan gerak dasar. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians (ANAVA). Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran berpasangan dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar kayang dalam senam lantai secara signifikan 9,49 > 3,15) begitu pula model pembelajaran berkelompok menujukkan peningkatan secara signifikan ( 6,33 > 3,15).Kata kunci: berkelompok, gerak dasar kayang, pembelajaran berpasangan