PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERKELOMPOK DAN BERPASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR CHEST PASS

Main Authors: Suhartati, Ninuk, Surisman, Surisman, Sitepu, Akor
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JUPE (Jurnal Penjaskesrek) , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/1842
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/1842/1126
Daftar Isi:
  • The objectives of this research was to determine whether is an influence model of learning in group and in pairs against the basic movement skills in playing basketball chest pass in class VII in SMP Negeri 7 Bandar Lampung.This type of research is experimental. With the population are students of SMP Negeri 7 Bandar LampungVII class totaling 236 students, and a sample was taken of 32 student. Data collection techniques using basic motornskills tests in playing basketball chest pass. Data analysis and final result of the initial tests the influence of groups and paired learning model against basic movement skills using a chest pass test data analysis techniques-t.The result showed : that there was a significant effect of group and paired learning model against basic movement skills in playing basketball chest pass in class VII SMP Negeri 7 Bandar Lampung.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran berkelompok dan berpasangan terhadap kemampuan gerak dasar chest pass dalam bermain basket pada siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Bandar Lampung.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Dengan populasi adalah siswa SMPN 7 Bandar Lampung kelas VII yang berjumlah 236 siswa, dan diambil sampel berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan gerak dasar chest pass dalam bermain basket. Analisis data hasil tes awal dan akhir pengaruh model pembelajaran berkelompok dan berpasangan terhadap kemampuan gerak dasar chest pass menggunakan teknik analisis data uji-t.Hasil penelitian menunjukkan: bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran berkelompok dan berpasangan terhadap kemampuan gerak dasar chest pass dalam bermain basket pada siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Bandar Lampung.Kata kunci : gerak dasar, model pembelajaran, chest pass