UPAYA MENINGKATKAN RENANG MELALUI PENDEKATAN DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR PADA SISWA

Main Authors: Nofyanto SP, Adhie Dwi, Nurseto, Frans, Suranto, Suranto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JUPE (Jurnal Penjaskesrek) , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/1593
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/1593/1180
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/downloadSuppFile/1593/141
Daftar Isi:
  • Physical education is a learning process that is designed to improve physical fitness, develop motor skills, knowledge and active living and sportsmanship through physical education activities. This research is motivated their learning problems in physical education, which is the low student learning outcomes in learning gymnastics in junior class VII Advent Bandar Lampung in the second semester of academic year 2012/2013. Research methods using action research methods class. The instrument used in the form of sheets observation, interview and test learning outcomes. The results showed that the diagnostic approach to learning difficulties through the material breaststroke swimming in junior class VII Advent Bandar Lampung showed a positive improvement, namely: 1) the learning of planning breaststroke swimming 2) Implementation of breaststroke swimming, 3) student learning outcomes achieved in the classical style in the second cycle.Pendidikan jasmani merupakan suatu proses pembelajaran yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan hidup aktif serta sikap sportif melalui kegiatan pendidikan jasmani. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam pembelajaran penjaskes, yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran senam di kelas VII SMP Advent Bandar Lampung pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, wawancara dan tes hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan diagnostik kesulitan belajar pada materi renang gaya dada di kelas VII SMP Advent Bandar Lampung menunjukkan adanya peningkatan yang positif, yaitu: 1) Perencanaaan pembelajaran renang gaya dada, 2) Pelaksanaan pembelajaran renang gaya dada, 3) Hasil belajar siswa secara klasikal tercapai pada siklus II.Kata kunci: hasil belajar, renang gaya dada, diagnostik kesulitan belajar