Pengaruh Model Pembelajaran Berpasangan dan Berkelompok Terhadap Hasil Tolak Peluru Gaya Obrien

Main Authors: Hidayat, Ryan, Suranto, Suranto, Jubaedi, Ade
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JUPE (Jurnal Penjaskesrek) , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/12559
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/12559/8963
Daftar Isi:
  • The problem in this research was lack of learning model used in an effort to improve the results of the o'brien style shot put. The purpose of this research was to determine the influence of learning models pair and in group on the results of the o'brien style shot put in class VII SMP Negeri 1 Gisting. This research used comparative experimental method. The samples were taken 32 students. The research instrument used pre-test and post-test. Data were analyzed using t test analysis. Results of pair model is obtained thitung= 6.928 and ttabel = 2.131, group model is obtained thitung= 3.782 and ttabel = 2.131. Because of thitung is larger of the ttabel, so that Ho is refused and Ha is accepted.Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya model pembelajaran yang digunakan dalam upaya meningkatkan hasil tolakan pada tolak peluru gaya obrien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berpasangan dan berkelompok terhadap hasil tolak peluru gaya obrien pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Gisting. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen tipe komparatif. Sampel yang diambil berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian menggunakan pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t. Hasil kelompok berpasangan didapat thitung = 6,928 dan ttabel = 2,131, kelompok berkelompok didapat thitung = 3,782 dan ttabel = 2,131. Karena hasil thitung lebih besar daripada ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.Kata Kunci: gaya obrien, model pembelajaran berkelompok, model pembelajaran berpasangan, tolak peluru.