PENGARUH PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN WORD SQUARE PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 3 BANDA ACEH

Main Authors: Safrijar, Yeni; Universitas Muhammadiyah Aceh, Rizki, Cut Novrita; Universitas Muhammadiyah Aceh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh , 2020
Online Access: http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/772
http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/772/178
http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik/article/downloadSuppFile/772/99
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi khususnya pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan model pembelajaran word square di kelas VIII MTsN 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-test Post-test Control Design Group. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII MTsN 3 Banda Aceh dengan sampel siswa kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen II. Data dikumpulkan denganmenggunakan tes hasil belajar yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis datadari kedua kelas diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel (3,199 > 1,995) berdasarkan nilai post-test. Sebaliknya berdasarkan nilai pre-test nilai thitung ttabel (1,252 1,995). Jika thitung > ttabel, Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan sebaliknya thitung ttabel, Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak ada pengaruh yang signifikan. Oleh karena itu berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dengan Word Square terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di MTsN 3 Banda Aceh.PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS VIII MTsN 3 BANDA ACEH