PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MIN RHEUM BARAT KABUPATEN BIREUEN
Main Author: | -, Khairuddin |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Mentari
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/mentari/article/view/171 |
Daftar Isi:
- Supervisi pendidikan merupakan upaya pembinaan guru untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di Madrasah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan supervisi pendidikan; 2) Teknik supervisi pendidikan; dan 3) Tindak lanjut supervisi pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah dan dewan guru MIN Rheum Barat kecamatan Simpang Mamplam kabupaten Bireuen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan supervisi pendidikan oleh kepala madrasah dilaksanakan pada awal dan akhir semester setiap tahun pelajaran dengan melibatkan dewan guru. Program supervisi mencakup analisis kemampuan guru, pengembangan silabus, RPP dan bahan ajar dalam proses pembelajaran oleh guru, dan pembinaan profesionalisme guru; 2) Teknik supervisi pendidikan yang digunakan adalah teknik kunjungan kelas dan supervisi kelompok. Teknik kunjungan kelas dilaksanakan pada awal semester. Dengan kunjungan kelas, supervisor dapat melihat langsung kesiapan, kemampuan, kelemahan dan kegiatan guru dalam proses belajar mengajar. Supervisi kelompok dilaksanakan pada awal dan akhir tahun pembelajaran, yaitu dalam rapat/sidang pembagian tugas atau kenaikan kelas; dan 3) Hasil temuan supervisi pendidikan ditindaklanjuti oleh kepala madrasah melalui pertemuan individual, rapat rutin, diskusi, pembinaan, membimbing dan memberikan saran dalam rangka peningkatan proses pembelajaran. Kata kunci: supervisi pendidikan oleh kepala madrasah