Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi OVO sebagai Alat Pembayaran E-Money

Main Authors: Darista, Sallika Marra Rizki; Universitas Katolik Widya Mandala, Mujilan, Mujilan; Universitas Katolik Widya Mandala
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis , 2021
Subjects:
OVO
Online Access: http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/jrma/article/view/986
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, dan persepsi risiko terhadap minat penggunaan aplikasi OVO sebagai alat pembayaran e-money. Sampel penelitian adalah sebagian masyarakat Kota Madiun yang menggunakan aplikasi e-money OVO dalam melakukan transaksi pembayaran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan metode convenience sampling dan snowball sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan persepsi kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan aplikasi e-money OVO. Sedangkan variabel persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap minat penggunaan aplikasi e-money OVO.