PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PERPAJAKAN, BIAYA KEPATUHAN PAJAK, PENERAPAN E-FILLING, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Main Authors: Rahmawati, Denny; Universitas Katolik Widya Mandala, Rustiyaningsih, Sri; Universitas Katolik Widya Mandala
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis , 2022
Subjects:
Online Access: http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/jrma/article/view/1066
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, biaya kepatuhan pajak, penerapan e-filling dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian dilakukan terhadap 91 responden yaitu WP OP pengusaha dan/atau pekerja mandiri yang terdaftar di KPP Pratama Madiun. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan metode purposive sampling untuk menentukan sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, penerapan e-filling dan kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Pada saat yang sama sanksi pajak dan biaya kepatuhan pajak tidak mempengaruhi kepatuhan wajib pajak.