EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING DENGAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN DI KELAS XI SMK NEGERI 3 SINGARAJA
Main Authors: | Mariani, I Gusti Ayu Nyoman, Wahyuni, Dessy Seri, Santyadiputra, Gede Saindra |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2020
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/26471 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/26471/15811 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan secara terbatas media e-learning dengan model blended learning pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di kelas XI SMK Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja pada 35 orang peserta didik dan seorang guru yang mengajar mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan 8 instrumen yaitu lembar validasi ahli, angket uji perorangan, kelompok kecil dan lapangan serta angket respons guru dan peserta didik. Hasil penelitian untuk uji kevalidan media e-learning dari hasil perhitungan validasi ahli yaitu ahli isi, desain dan media pembelajaran mendapatkan rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan nilai N-Gain untuk memperoleh keefektifan media e-learning yaitu 0,87 dengan kriteria efektif serta hasil rata-rata respons guru dan peserta didik untuk mendapatkan kepraktisan media e-learning sebesar 48 dan 63,26 degan kriteria sangat praktis. Simpulan penelitian ini adalah media e-learning Administrasi Sistem Jaringan telah memenuhi kriteria kualitas produk yaitu kevalidan (sangat valid), keefektifan (efektif), dan kepraktisan (sangat praktis).