Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Dengan Seting Kooperatif GI Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa SMA BI

Main Authors: Arnyana, Ida Bagus Putu, Warpala, I Wayan Sukra, Santosa, Made Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Undiksha , 2009
Online Access: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1754
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1754/1532
Daftar Isi:
  • Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran bilingual yang dapat diterapkan di sekolah R SMA BI. Prosedur pengembangan mengacu model Dick and Cary (1990) secara garis besar dibagi menjadi: (1) mengidentifikasi kurikulum, (2) analisis keadaan R SMA BI di Bali saat ini, (3) menyusun draf model, dan (4) uji model berupa uji ahli. Hasilnya ada-lah model pembelajaran bilingual preview-review dengan seting kooperatif GI untuk meningkat-kan kompetensi, kemampuan berpikir kritis, dan Bahasa Inggris pada mata pelajaran Biologi siswa SMA. Sesuai hasil penilaian oleh tim ahli, model pembelajaran yang dikembangkan ini dapat diterapkan di R SMA BI yang kemampuan berbahasa Inggris siswa dan guru masih lemah.Kata Kunci: model pembelajaran bilingual preview-review, seting kooperatif GI