Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Dengan Seting Kooperatif GI Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa SMA BI
Main Authors: | Arnyana, Ida Bagus Putu, Warpala, I Wayan Sukra, Santosa, Made Hery |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Undiksha
, 2009
|
Online Access: |
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1754 http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1754/1532 |
Daftar Isi:
- Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran bilingual yang dapat diterapkan di sekolah R SMA BI. Prosedur pengembangan mengacu model Dick and Cary (1990) secara garis besar dibagi menjadi: (1) mengidentifikasi kurikulum, (2) analisis keadaan R SMA BI di Bali saat ini, (3) menyusun draf model, dan (4) uji model berupa uji ahli. Hasilnya ada-lah model pembelajaran bilingual preview-review dengan seting kooperatif GI untuk meningkat-kan kompetensi, kemampuan berpikir kritis, dan Bahasa Inggris pada mata pelajaran Biologi siswa SMA. Sesuai hasil penilaian oleh tim ahli, model pembelajaran yang dikembangkan ini dapat diterapkan di R SMA BI yang kemampuan berbahasa Inggris siswa dan guru masih lemah.Kata Kunci: model pembelajaran bilingual preview-review, seting kooperatif GI