Pengembangan Modul IPA SMP Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah
Main Authors: | Puti, Siska, Jumadi, Jumadi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/7239 https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/7239/6238 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis guided inquiry dalam pembelajaran IPA di SMP, (2) peningkatan keterampilan proses peserta didik setelah menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis guided inquiry, dan (3) peningkatan sikap ilmiah peserta didik setelah menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis guided inquiry. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Penelitian dilakukan di SMP N 3 Kalasan dengan subjek penelitian adalah peserta didik SMP N 3 Kalasan kelas VII. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, angket, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul pembelajaran IPA berbasis guided inqury yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi secara keseluruhan memiliki kualitas yang sangat baik, (2) pembelajaran menggunakan modul hasil pengembangan dapat meningkatkan keterampilan proses peserta didik, dan (3) pembelajaran menggunakan modul hasil pengembangan dapat meningkatkan sikap ilmiah peserta didik.Kata kunci: modul, guided inquiry, keterampilan proses, sikap ilmiah